Tips Menggunakan Google Classroom Untuk KBM Online Agar Maksimal

Tips Menggunakan Google Classroom Untuk KBM Online Agar Maksimal


Kegiatan belajar mengajar online sekarang sudah diterapkan oleh seluruh sekolahan. Semenjak munculnya virus Covid-19 menjadikan sistem pembelajaran diubah menjadi online atau di rumah masing-masing. Hal ini bertujuan agar tidak ada penularan yang semakin banyak akibat adanya virus yang satu ini. 

Sistem pembelajaran online dilakukan di rumah masing-masing dengan memanfaatkan teknologi smartphone ataupun laptop. Hal itu tergantung dari ketentuan sekolahan dan juga kepemilikan teknologi yang dimiliki oleh para siswa. Dengan menggunakan smartphone ataupun laptop, siswa akan tetap mendapatkan pembelajaran sesuai dengan sistem pembelajaran selayaknya berada di sekolahan. Hanya saja antara guru dan murid tidak bisa bertatap muka secara langsung. 

Dalam sistem kegiatan belajar mengajar secara online, terdapat beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh para siswa dan juga guru agar dapat saling berinteraksi antara satu sama lain secara online. Salah satunya menggunakan Google Classroom yang menjadi salah satu aplikasi andalan untuk sistem pembelajaran secara online saat ini. 

Tips Menggunakan Google Clashroom Untuk KBM 


Google Classroom merupakan salah satu aplikasi learning yang dibuat oleh Google. Aplikasi yang satu ini dibuat guna mempermudah para siswa dan juga guru agar dapat melakukan sistem pembelajaran online selayaknya seperti pembelajaran di sekolahan. Ada dua cara yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam menggunakan aplikasi Google Classroom. 


1. Google Classroom Untuk Guru 

Penggunaan google clash room untuk guru terdapat lima hal yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut: 

- Membuat Kelas 

Untuk membuat kelas anda bisa login ke aplikasi Google Classroom yang sudah di download, lalu pada halaman pilih menu classes page dan klik add, lalu create. Anda bisa mengisi semua formulisr seperti kelas, subjek kelas, dan lain-lain. 

- Mengundag SIswa 

Untuk fitur yang satu ini dapat anda lakukan dengan cara melihat bagian kiri bawah judul kelas, terdapat menu kode kelas klik saja kode tersebut dan salin kode untuk dikirimkan ke para siswa. 

- Membuat Tugas 

Dalam membuat tugas, anda bisa memilih menu tugas kelas dan pilih tugas, kemudian isikan tugas yang akan anda berikan dan pengaturan untuk waktu pengerjaan, poin dan lain-lain, bila sudah, klik saja menu tugaskan. 

- Memposting Materi 

Untuk memposting materi anda bisa memilih menu tugas kelas dan pilih materi, isikan judul dan materi, lalu klik tambahkan. 

- Melihat Tugas Yang Dikirimkan 

Untuk melihat tugas yang dikirim bisa dilakukan dengan cara mengeklik tugas kelas lalu klik tugas, setelah itu klik menu diserahkan dan akan muncul jawab dari siswa yang telah mengumpulkan tugas, anda bisa melakukan penilaian dan tanggapan lalu klik tombol kembalikan. 


2. Google Classroom Untuk SIswa 

Untuk siswa sendiri dapat menggunakan Google Classroom dengan cara seperti berikut: 

Cara Gabung Kelas: 

- Login ke Google Classroom yang telah didownload lalu klik tanda + dan pilih gabung kelas. 

- Masukan kode kelas yang telah diberikan oleh guru anda, klik gabung. 

Cara Mengumpulkan Tugas: 

  • - Klik tugas kelas pada menu yang tersedia lalu pilih tugas yang akan dikumpulkan. 
  • - Akan muncul detail tugas yang bisa dipilih lalu klik lihat pertanyaan untuk menjawab pertanyaan. 
  • - Anda akan diarahkan ke halaman pertanyaan dan anda bisa menjawab pada kolom yang tersedia. 
  • - Klik serahkan atau selesai bila sudah selesai. 

Google Classroom dapat digunakan secara efektif untuk guru maupun siswa. Dimana guru bisa bertindak untuk memberikan materi yang ingin disampaikan melalui aplikasi tersebut. 

Sementara siswa juga dapat menjalankan perintah yang diberikan oleh gurunya menggunakan aplikasi Google Classroom. Aplikasi yang satu ini sangat membantu sekali dalam sistem pembelajaran online yang sedang berjalan saat ini. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Google Classroom yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dari rumah. 

Dengan menggunakan Google Classroom akan membantu guru dan siswa saling berinteraksi secara efektif. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga memberikan manfaat yang cukup baik untuk kebutuhan siswa ataupun guru.