Ini Dia Cara Mudah Upload RPP di Situs Guru Berbagi Kemendikbud

Ini Dia Cara Mudah Upload RPP di Situs Guru Berbagi Kemendikbud


Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan salah satu pegangan yang dimiliki oleh seorang guru dalam memberikan pelajaran di dalam kelas. 

Tujuan dengan adanya RPP adalah untuk membantu guru dalam memberikan pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi yang ditentukan. 

Dengan adanya RPP juga akan membuat siswa lebih siap siaga dalam menjalankan pembelajaran yang akan dilakukan. Guru harus menyiapkan materi pembelajaran yang penting sesuai yang dibutuhkan oleh para siswanya. 

Pastikan materi pembelajaran yang dibuat sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditentukan. Dengan begitu, siswa akan mendapatkan pembelajaran yang efektif. Hal ini akan membantu proses perkembangan siswa dalam kegiatan belajar mengajar kedepannya. 

Cara Upload RPP di Situs Guru Berbagi Kemendikbud 


Situs guru berbagi menjadi salah satu situs yang sudah ditentukan guna memberikan informasi mengenai RPP yang dibuat oleh masing-masing guru untuk dikumpulkan menjadi satu di situs tersebut. 

Hal ini bertujuan agar para siswa dapat belajar dengan mudah mengenai materi pembelajaran yang sudah disiapkan oleh para guru. 

Bagi anda yang ingin mengupload RPP di situs guru berbagi kemendikbud, ada beberapa cara yang harus dilakukan beberapa diantaranya sebagai berikut! 

  1. Buka terlebih dahulu website resmi guru berbagi dengan mengakses alamat di google https://guruberbagi.kemdikbud.go.id
  2. Lakukan login hingga anda bisa masuk ke dalam SIM guru berbagi. 
  3. Setelah itu, anda akan diarahkan ke dalam halaman beranda situs guru berbagi. 
  4. Pilih menu RPP saya pada menu yang ada pada halaman. 
  5. Bila sudah, nantinya aka nada tampilan daftar RPP yang telah dibuat. 
  6. Klik tmbah RPP. 
  7. Setelah itu, anda akan diarahkan ke halaman menuju formulir pengisian RPP. Pastikan anda mengisi formulir RPP dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang diutamakan. 
  8. Klik ikon kamera untuk mengunggah thumbnail yang dijadikan cover atau sampul RPP tersebut. Setelah itu, pilih berkas gambar pada komputer anda, disini anda harus mengetahui keberadaan gambar yang disimpan. 
  9. Isikan judul RPP sesuai dengan ketentuan yang ada, biasanya karakter panjang judul yang dibutuhkan maksmimal 50 karakter. 
  10. Pilih jenis RPP dan isikan deskripsi RPP tersebut dengan maksimal 500 karakter. 
  11. Setelah itu, nantinya ada pilihan tingkat jenjang pendidikan, pilih sesuai dengan kebutuhan anda baik untuk SD, SMP, ataupun SMA. 
  12. Jangan lupa untuk menambahkan tag dengan RPP. 
  13. Setelah itu, lampirkan berkas RPP yang sudah anda buat. 
  14. Klik tombol simpan. 
  15. RPP sudah bisa ditampilkan pada daftar RPP di situs kemendikbud. 

Guru berbagi sendiri merupakan suatu ruang gotong royong bagi guru dan penggerak pendidikan untuk saling membagikan informasi mengenai praktik baik rencana pelaksanaan pembelajaran ataupun praktik. 

Anda juga dapat menemukan berbagai macam referensi mengenai pembelajaran jarak jauh dan daring serta belajar bersama dengan rekan guru lain di ruang aksi yang ada di dalam situs guru berbagi tersebut. 

Situs yang satu ini benar memberikan banyak manfaat untuk para penggunanya dalam membuat RPP. 

Bagi anda yang bingung untuk upload RPP yang sudah dibuat, anda tidak usah khawatir. Dengan mengikuti beberapa cara di atas, anda dapat mengupload RPP dengan mudah di situs berbagi kemendikbud yang sudah disediakan. 

Akan sanagt penting bagi anda untuk memberikan RPP dan menguploadnya di situs tersebut. Hal ini akan bermanfaat bagi orang lain nantinya.