81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

UPDATE! RPP Kelas 1 Tema 3 Subtema 3 Kegiatan Sore Hari K13 Revisi 2020 sesuai Permendikbud 14/2019

UPDATE! RPP Kelas 1 Tema 3 Subtema 3 Kegiatan Sore Hari K13 Revisi 2020 sesuai Permendikbud 14/2019 -  RPP merupakan kepanjangan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP dibuat oleh seorang guru agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik dan terkontrol dengan baik di dalam kelas. Beberapa guru mengunakan RPP sebagai panduan dalam mengajar, sehingga pada saat terjun di kelas, guru semakin mantap dalam mengajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya, selain itu RPP juga disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. UPDATE! RPP Kelas 1 Tema 3 Subtema 3 Kegiatan Sore Hari K13 Revisi 2020 sesuai Permendikbud 14/2019

Adapun RPP Kelas 1 Tema 3 K13 Revisi 2020 yang akan kami bagikan kali ini terdiri atas 6 (enam) pertemuan tatap muka, untuk pertemuan pertama dengan tujuan:
  1. Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru siswa dapat mengidentifikasi kosakata tentang kegiatan sore hari dengan tepat
  2. Dengan permainan mencari kata pada tabel huruf siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang kegiatan sore hari dengan tepat.
  3. Melalui diskusi siswa mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan di rumah. 
  4. Dengan bercerita siswa mampu menunjukkan kegiatan-kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
  5. Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru siswa mampu mengidentifikasi kolase sebagai contoh karya seni dua dimens, mencakup ide, tema, obyek, alat, dan bahan yang digunakan.
  6. Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi cara membuat karya kolase dari bahan kertas.
  7. Dengan arahan guru, siswa mampu merancang pembuatan karya kolase dari kertas.
  8. Setelah merancang, siswa mampu membuat karya kolase berdasarkan rancangan yang sudah dibuat.
Adapun kegiatan Inti pada UPDATE! RPP Kelas 1 Tema 3 Subtema 3 Kegiatan Sore Hari K13 Revisi 2020 sesuai Permendikbud 14/2019 adalah sebagai berikut:
1. Ayo Mengamati
  • Guru mengajak siswa mengamati gambar  yang menunjukkan suasana di sore hari di rumah dan melakukan tanya jawab seputar keadaan sore hari yang biasa terjadi.
  • Siswa diminta mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait gambar yang mereka amati. Guru memancing sikap kritis siswa dengan mengajukan pertanyaan “adakah yang ingin kamu ketahui dari gambar yang kamu amati?” Siapa yang mau mengajukan pertanyaan?
  • Guru mengajak siswa menyimak cerita yang ada di buku.
  • Siswa diminta menyebutkan kata-kata yang berhubungan dengan sore hari. Guru menuliskan kata yang disebutkan siswa di papan tulis agar dapat di baca oleh siswa lainnya. Setelah tidak ada lagi siswa yang menyebutkan, guru dapat menambahkan kosa katanya jika diperlukan, dengan cara memberikan pertanyaan yang memancing ingatan siswa.
  • Untuk memperkuat pemahaman tentang kosa kata yang dipelajarinya, guru melakukan permainan mencari kata tersembunyi pada tabel huruf. Guru membuat tabel huruf di atas media karton (lihat contoh di buku siswa). Tempelkan karton di papan tulis. Guru menjelaskan bahwa pada tabel huruf tersebut tersimpan kata-kata yang berhubungan dengan kegiatan sore hari. Guru menunjukkan kartu kosa kata-kosa kata yang dimaksud.Siswa yang dapat menemukan kata tersebut diminta maju ke depan dan memberi tanda pada kata tersebut. Guru memberikan reward pada siswa yang berhasil menemukan kosa kata yang dimaksud. (HOTS)

2. Ayo Berdiskusi
  • Setelah itu siswa diminta menyelesaikan lembar kerja tentang pengenalan kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan sore hari.
  • Guru melanjutkan dengan diskusi tentang kegiatan sore hari di rumah. Diskusi diarahkan untuk membahas kebiasaan-kebiasaan yang sesuai dengan aturan di rumah. Lalu siswa membentuk kelompok diskusi. 
  • Siswa mendiskusikan kegiatan-kegiatan pada sore hari yang biasa mereka lakukan.
  • Siswa menuliskan hasil diskusinya pada tabel yang telah disiapkan. (Critical Thinking and Problem Formulation)

3. Ayo Lakukan
  • Setelah diskusi guru menunjukkan kepada siswa beberapa karya 2 dimensi berbentuk kolase. Siswa mengidentifikasi karya kolase sebagai contoh karya dua dimensi meliputi ide, tema, obyek, alat, dan bahan yang digunakan.
  • Guru memberi contoh cara membuat kolase dari bahan kertas.
  • Setelah itu siswa merancang pembuatan kolase dengan menentukan ide, tema, serta menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  • Siswa membuat karya kolase dengan tekun dan tertib, dengan arahan guru.
  • Siswa yang sudah selesai merapikan kembali bekas-bekas pekerjaannya. (Creativity and Innovation)
    RPP diatas merupakan salah satu pertemuan tatap muka yang kami kutip, untuk UPDATE! RPP Kelas 1 Tema 3 Subtema 3 Kegiatan Sore Hari K13 Revisi 2020 sesuai Permendikbud 14/2019 yang lebih lengkapnya kami gabungkan keseluruhan file dengan format .rar yang dapat di unduh melalui tautan disini