81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

UNDUH RPP Kelas 1 Tema 1 Subtema 1 Aku dan Teman Baru K13 Revisi 2020 TERBARU

Download RPP Kelas 1 K13 Revisi 2020 Semester 1 TERBARU - RPP merupakan kepanjangan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP dibuat oleh seorang guru agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik dan terkontrol dengan baik di dalam kelas. Beberapa guru mengunakan RPP sebagai panduan dalam mengajar, sehingga pada saat terjun di kelas, guru semakin mantap dalam mengajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya, selain itu RPP juga disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. 
UNDUH RPP Kelas 1 Tema 1 Subtema 1 Aku dan Teman Baru K13 Revisi 2020 TERBARU

Adapun RPP Kelas 1 Tema 1 K13 Revisi 2020 yang akan kami bagikan kali ini terdiri atas 6 (enam) pertemuan tatap muka, untuk pertemuan pertama dengan tujuan:
  1. Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
  2. Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman.
  3. Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.
  4. Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman.
  5. Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi salam pada orang tua saat ke luar rumah.
Sedangkat kegiatan pembelajarannya dibagi atas 3 kegiatan yaitu:
1. Kegiatan Pendahuluan:
  • Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  • Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
2. Kegiatan Inti:
    A.Ayo Berlatih
  •  Pembelajaran 1 di buku siswa dibuka dengan gambar seorang anak yang hendak ke sekolah. Anak tersebut lalu mencium tangan kedua orang tuanya sebelum berangkat.
   B. Ayo Mencoba
  • Pada awal pelajaran, guru memberi salam dan mengucapkan selamat datang kepada siswa.
  • Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan namanya. (Communication)
  • Guru lalu menanyakan, “Apakah kalian sudah berpamitan kepada orang tua masing-masing saat hendak ke sekolah?” (lihat buku siswa halaman 2) “Bagaimana cara kalian berpamitan dengan orang tua?”
  • Guru menerima jawaban siswa yang beragam. Ada yang mengucapkan salam saja, ada yang mengucapkan salam sambil mencium tangan, dan ada juga yang tidak berpamitan dengan orang tua.
  • Guru menyampaikan kepada siswa pentingnya berpamitan kepada orang tua. Guru meminta siswa agar esok berpamitan kepada orang tua saat hendak pergi ke sekolah. 
  • Setelah itu, guru mengajak siswa untuk saling berkenalan.
  • Guru menunjukkan cara berkenalan. (guru mencontohkan seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa halaman 3)
  • Kemudian siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
  • Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)
  • Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Kemudian dia melempar bola kepada teman yang lain. Teman yang menangkap lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
  • Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
  C. Ayo Bernyanyi
  • Setelah semua siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil menyebutkan kembali nama masing-masing. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa halaman 6.
UNDUH RPP Kelas 1 Tema 1 Subtema 1 Aku dan Teman Baru K13 Revisi 2020 TERBARU
  D. Ayo Bermain Peran
  • Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak teman di sebelah kanannya, lalu teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu. Begitu seterusnya.
  • Selain menigngat nama teman, saat bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat suara teman masing-masing.
  • Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa mengamati buku siswa halaman 3–6. Guru lalu bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan Edo dan teman-teman.
  • Kegiatan berkenalan dengan berbagai cara memudahkan siswa untuk mengingat nama teman-teman di kelas.
3. Kegiatan Penutup:
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. 
Peserta Didik :
  • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. 
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
  • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
RPP diatas merupakan salah satu pertemuan tatap muka yang kami kutip, untuk RPP Kelas 1 Tema 1 Subtema 1 Aku dan Teman Baru K13 Revisi 2020 TERBARU yang lebih lengkapnya kami gabungkan keseluruhan file dengan format .rar yang dapat di unduh melalui tautan disini