81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Beasiswa Hafidz Al-Qur'an UMS Universitas Muhammadiyah Semarang

Beasiswa Hafidz Al-Qur’an (BHA) Universitas Muhammadiyah Semarang (UMS) ditujukan kepada para siswa yang masih duduk di kelah XII MA, SMA, atau SMK Sekolah Umum dan juga Pondok Pesantren yang hafal Al-Qur’an dengan minimal 15 juz.

Beasiswa Hafidz Al-Qur'an UMS Universitas Muhammadiyah Semarang

Dilihat dari sisi asal sekolah, Bagi Sekolah Umum atau Pondok harus mempunyai prestasi atau dengan kemampuan akademik tinggi. Tepatnya dengan prestasi 10 persen yang terbaik di sekolah. Sedangkan apabila dari jalur ijazah sekolah kejar paket, maka diwajibkan harus memenuhi syarat atau dinyatakan lolos tes akademik One Day Service Admission (ODS) dari UMS.

Sekedar informasi, bantuan beasiswa ini mencakup untuk seluruh biaya kuliah di UMS. Mulai dari Dana Pengembangan, kuliah, hingga biaya wisuda. Bahkan program (BHA) ini berlaku untuk segala program studi.

Apa saja fasilitas yang akan diterima oleh penerima beasiswa hafidz Al-Qur’an? Jika drirangkum dari sumber resmi, beberapa fasilitas yang akan diperoleh ialah :
  • Terbebas dari biaya pembayaran Dana Pengembangan.
  • Terbebas dari biaya kuliah, yang termasuk biaya SKS, praktikum, dan juga biaya ujian skripsi. Pasalnya, penerima beasiswa akan dievaluasi pada setiap semester. Apabila prestasi tidak memuaskan, maka fasilitas tersebut bisa dibatalkan. Fasilitas ini tidak mencakup juga biaya ujian ulang skripsi, serta biaya praktik kerja lapangan (praktik rumah sakit).
  • Terbebas dari biaya wisuda.

Apa saja syarat dan ketentuan untuk bisa mendaftar (syarat pendaftaran)
  1. Siswa kelas XII MA/SMA/SMK yang dibuktikan dengan foto kopi rapor semester V gasal.
  2. Calon penerima beasiswa hafal Al-Qur’an minimal 15 juz.
  3. Siswa berasal dari sekolah Umum/Pondk yang mempunyai prestasi akademik di sekolah 10 persen terbaik.
  4. Siswa yang berasal dari jalur ijazah Ujian Paket, wajib memenuhi syarat dengan lolos akademik One Day Service Admission (ODS) UMS.
 
Untuk presedur pendaftaran, terdapat beberapa poin yang perlu diperhatikan. Beberapa diantaranya ialah :
  • Calon penerima beasiswa wajib mengisi formulir dan mengirim dokumen seperti : Hasil cetak pendaftaran, foto kopi rapor selama 5 semester yang dilegalisir, foto kopi sertifikat lolos tes akademik ODS untuk jalur ijazah paket, surat keterangan penghasilan orang tua, surat rekomendasi dari sekolah atau pondok, dan foto kopi sertifikasi atau piagam.
  • Pengiriman dokumen bisa melalui pos atau berjunjung langsung ke lokasi Panitia PMB UMS 2018, Jl. Ahmad Yani Tromol Pos I, Surakarta 57102, atau Fax. +62 (271) 715 448, atau diserahkan ke panitia PMB di Gedung Siti Walidah UMS (diberi kode BHA di sudut kanan atas amplop).

Registrasi / Pendaftaran : Mahasiswa yang dinyatakan lolos sebagai penerima BHA, harus menandatangani Surat Perjanjian dengan UMS. Selanjutnya melapor pada bagian registrasi di Gedung Siti Walidah UMS.

Ketentuan penerima Beasiswa, calon penerima wajib memenuhi ketentuan utama selama menjadi mahasiswa. Pertama ialah Indeks Prestasi Semester (IPS (>2,75),  Selesai studi 4 tahun, tidak melakukan aktivitas merugikan UMS, serta aktif pada lembaga ortom Muhammadiyah.

Info lebih lengkap bisa dilihat pada : http://www.ums.ac.id/id/beasiswa