Berita Pendidikan
News Update
Loading...

6/06/2021

Makna, Filosofi, dan Fakta Menarik dari Ketupat

Makna, Filosofi, dan Fakta Menarik dari Ketupat

Cadiak.id –  Makna, Filosofi, dan Fakta Menarik dari Ketupat  - Ketupat. Siapa yang tidak mengetahui istilah tersebut? Pastinya, benda satu ini sangatlah terkenal di kalangan masyarakat manapun. Baik di Indonesia, bahkan ke luar negeri akan mengetahui benda ini. Terlebih lagi di saat suasana menjelang hari raya, pastinya semuanya mengetahui. Setiap rumah rata-rata akan memiliki ketupat yang akan mereka isi dengan beras dan dimasak sehingga bisa di makan dengan sayur dan lauk yang lainnya.

Makna, Filosofi, dan Fakta Menarik dari Ketupat

Namun tahu ga sih kalian bahwa ternyata dibalik unik, khas bendanya dan juga enak isinya, ternyata ketupat ini memiliki hal yang lebih menarik loh yaitu bahwa ketupat itu memiliki filosofi yang sangat dalam. Sehingga bagi Anda semua baik orang tua hingga pelajar khususnya para pelajar yang masih menuntut ilmu maka Anda semua bisa membaca serta menyimak begitu hebatnya filosofi dari benda satu ini.

Dilansir dari akun Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) pada Sabtu 8 Mei 2021, ini penjelasannya. Ketupat sebagai hidangan khas Ramadhan itu:

  1. Banyak ditemui saat Lebaran
  2. Hidangan berbahan dasar beras
  3. Dibungkus anyaman daun kelapa muda (janur)
  4. Dapat dihidangkan dengan satal
  5. Bisa dijumpai di Malaysia, Brunei, Singapura, dan Filipina

Fakta Menarik dan Unik dari Ketupat

1. Berawal dari Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga adalah orang pertama yang memperkenalkan ketupat kepada masyarakat Jawa. Sunan Kalijaga juga membudayakan dua tradisi "bakda" saat memperkenalkan ketupat, yakni:

  • Bakda Lebaran
  • Bakda Kupat

Bakda Lebaran dilakukan saat Idulfitri, sedangkan Bakda Kupat dilakukan seminggu pasca-Lebaran. Saat Bakda Kupat, banyak rumah di Jawa menganyam ketupat memakai daun kelapa muda. Selesai dimasak, ketupat diantarkan ke kerabat yang lebih tua. Lambat laun, ketupat menjadi simbol kebersamaan umat Islam.

2. Simbol permintaan maaf

Saat sudah dicampur dengan lauk bersantan, ketupat menjadi simbol permintaan maaf. Namanya berganti menjadi "kupa santen". Dalam budaya Jawa, kupa santen berarti "kula kepat nyuwun ngapunten" (saya salah, mohon maaf).

3. Memiliki banyak nama

Ketupat memiliki beragam nama berbeda. Orang Jawa dan Sunda biasa menyebut dengan "kupat", di Bali lebih akrab disebut "lipat". Sedangkan masyarakat Minangkabau mengenalnya dengan nama "katupek" dan Madura menyebutnya "ketopak".

Filosofi dari Ketupat

  1. Mencerminkan beragam kesalahan manusia Hal itu bisa terlihat dari rumitnya bungkusan ketupat.
  2. Kesucian hati Setelah ketupat dibuka maka akan terlihat nasi putih dan hal ini mencerminkan kebersihan serta kesucian hati setelah memohon ampunan dari segala kesalahan.
  3. Mencerminkan kesempurnaan Bentuk ketupat begitu sempurna dan hal ini dihubungkan dengan kemenangan umat Islam setelah sebulan lamanya berpuasa dan akhirnya merayakan Idulfitri.

Bagaimana? Unik dan hebat bukan filosofi dari benda yang satu ini. Selain dari rasanya yang enak serta merupakan ciri khas tersendiri disaat hari raya idul fitri, ternyata sejak jaman dahulu ketupat ini sudah ada sehingga memiliki makna dan filosofi yang dalam sehingga kita bisa mempelajari apa saja filosofi yang terdapat didalamnya sehingga kita bisa mempraktekkan apa saja isi dari filofosi keupat ini.

Tak hanya dari kalangan anak-anak atau pelajar saja yang harus mempelajari serta mengambil pelajaran dari hebatnya filosofi ketupat ini, namun semua orang dari segala macam usia atau kalangan apapun bisa juga mempelajari serta mempraktekkan isi yang baik dari ketupat ini.

Banyak harapan setiap orang bisa mengambil hikmah dari setiap benda atau peristiwa yang terjadi. Dan kami turut mengucapkan selamat menyambut hari raya idul fitri. Semoga amal kita semua diterima oleh Allah SWT serta dosa kita bisa terhapuskan dan diampuni oleh Allah SWT.

Demikian ulasan artikel mengenai Makna, Filosofi, dan Fakta Menarik dari Ketupat , kami harapkan artikel ini dapat menambah wawasan anda.

Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Atmosfer Lengkap!

Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Atmosfer Lengkap!

Cadiak.id – Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Atmosfer Lengkap! - Pelajar, tahu tidak kalian bahwa ternyata bumi kita itu dilindungi dengan sebuah perlindungan yang membuat bumi kita itu bisa aman dari berbagai macam benda yang menyerang atau yang jatuh dari luar angkasa? Bagi pelajar dewasa khususnya yang fokus ke bidang Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA serta jurusan yang berkutat dengan yang namanya antariksa pastinya sudah tahu benda apakah itu yang melindungi bumi kita. Namun bisa jadi belum semua orang mengetahui benda apa itu, oleh sebab itu yuk simak informasinya dibawah ini.

Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Atmosfer Lengkap!

Jadi, pelindung yang melindungi bumi kita selama ini bernama atmosfer. Atmosfer berada di luar bumi kita, dia menjadi pelindung bumi dari segala macam mara bahaya benda-benda langit yang bisa jadi jatuh dan akan memasuki bumi kita ini. Begitu hebatnya Pencipta Alam semesta ini sehingga membuat perlindungan yang sangat hebat yang akan sangat diperlukan. Perlunya atmosfer ini pastinya salah satunya ialah agar kita bisa terlindungi dari berbagai macam benda luar angkasa yang akan jatuh ke dalam bumi kita ini. Karena jika ada benda luar angkasa lebih-lebih yang ukurannya sangat besar memasuki bumi, maka bisa jadi bumi kita akan rusak dan hancur karena kekuatan benda tersebut yang sangat hebat.

Atmosfer ini akan selalu selalu dibahas baik di jenjang dasar, menengah hingga tinggi. Hanya saja nantinya dalam prakteknya tingkat kesulitan yang akan dipelajari pastinya akan berbeda. Misalnya, jika pada jenjang dasar maka tingkat kesulitannya akan hanya sebatas pengenalan saja atau jenis-jenisnya saja. Dan sebagainya. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) sampai saat ini masih banyak diikuti oleh siswa sekolah. Materi pelajaran bisa didapat dari guru juga dari referensi lain. Bagi siswa yang sedang belajar atmosfer, berikut ini dijelaskan pengertian, fungsi, dan manfaat atmosfer. Informasi dilansir dari Rumah Belajar Kemendikbud Ristek.

Pengertian dari Atmosfer

Atmosfer berasal dari bahasa Yunani yakni “Atmos“ yang berarti “uap air atau gas” serta “Sphaira“ yang berartikan “selimut”. Jadi Atmosfer adalah lapisan gas yang menyelimuti suatu planet, termasuk juga bumi. Dari permukaan planet itu sampai jauh di luar angkasa dengan ketebalan ialah kurang lebih 1.000 km dari permukaan bumi serta juga bermassa 59 x 1.014 ton. Di Bumi, atmosfer tersebut terdapat dari ketinggian 0 km dari permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan pada bumi. Apakah atmosfer hanya ada di Bumi? Tentu saja tidak. Beberapa planet lainnya juga dilapisi oleh atmosfer, tetapi kandungannya berbeda-beda.

Fungsi-fungsi Atmosfer

Atmosfer berfungsi mengatur proses penerimaan panas sinar matahari. Atmosfer melakukannya dengan menyerap dan memantulkan panas yang dipancarkan oleh matahari. Sekitar 34 persen panas matahari kembali dipantulkan ke angkasa oleh atmosfer, awan, dan juga permukaan bumi. Kemudian sekitar 19 persen diserap oleh atmosfer dan awan, selanjutnya sekitar 47 persen sisanya mencapai permukaan bumi. Berikut fungsi dari atmosfer :

  1. Pelindung bumi, agar suhu bumi tetap stabil dan menjaga agar cuaca dan kelembaban udara di dalam bumi juga tetap stabil.
  2. Penyeimbang dan penyeimbang keadaan di dalam dan di luar bumi.
  3. Mengurangi rasa panas yang diberikan langsung oleh cahaya matahari.
  4. Melindungi bumi dari serangan meteor-meteor atau benda-benda luar angkasa.
  5. Menjaga agar grafitasi bumi tetap stabil.

Manfaat dari Atmosfer

Berikut ini manfaat atmosfer:

  1. Melindungi bumi dari paparan radiasi sinar ultraviolet dengan lapisan ozon. Sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.
  2. Melindungi bumi dari benda-benda luar angkasa yang jatuh akibat gaya gravitasi bumi.
  3. Atmosfer juga menjadi media cuaca yang bisa memengaruhi hujan, badai, topan, angin, salju, awan, dan lain sebagainya.
  4. Memiliki kandungan berbagai macam gas yang diperlukan oleh manusia, tumbuhan, dan juga hewan untuk bernapas dan kebutuhan lainnya seperti oksigen, nitrogen, karbondioksida.
Demikian artikel mengenai Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Atmosfer Lengkap! semoga dapat bermanfaat!
YUK DAFTAR! BEASISWA SEMESTA UNTUK S1 DARI PT Sentra Vidya Utama Untuk Peminat IT

YUK DAFTAR! BEASISWA SEMESTA UNTUK S1 DARI PT Sentra Vidya Utama Untuk Peminat IT

Cadiak.id – YUK DAFTAR! BEASISWA SEMESTA UNTUK S1 DARI PT Sentra Vidya Utama Untuk Peminat IT - Banyak instansi yang menyediakan atau membagikan beasiswa bagi para pelajar yang sedang menuntut ilmu, baik pada jenjang dasar, menengah atau tinggi setiap tahunnya. Beasiswa merupakan bantuan yang akan diterima bagi setiap peserta yang mendaftarkan diri mereka untuk mendapatkan beasiswa, namun setiap peserta haruslah memenuhi setiap persyaratan yang diberikan oleh penyelenggara beasiswa tersebut. Bagi yang memenuhi persyaratan, maka dia akan mendapatkan beasiswanya, namun sebaliknya jika dia tidak memenuhi syarat yang ditentukan maka dia tidak akan bisa mendapatkan beasiswa.

YUK DAFTAR! BEASISWA SEMESTA UNTUK S1 DARI PT Sentra Vidya Utama Untuk Peminat IT

Setiap pelajar saling berburu dan berebut untuk mendapatkan beasiswa. Karena memang beasiswa sangatlah membantu bagi setiap penerimanya maupun untuk keluarganya. Bagi penerima, beasiswa akan sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan pendidikan mereka. Mereka bisa membeli perlengkapan dengan bantuan tersebut. Selain itu juga biaya pendidikan sudah tak perlu difikirkan karena bantuan beasiswa biasanya akan langsung disetorkan kepada pihak kampus. Kemudian manfaat bagi keluarga penerima, orang tua si penerima sudah tak perlu memikirkan biaya pendidikan anaknya jika dia menerima beasiswa sehingga uang yang seharusnya digunakan untuk pembayaran kuliah anaknya bisa dialihkan ke kebutuhan pokok keluarga yang lain.

Pendidikan pada jenjang tertinggilah yang akan mengajarkan kita semua ilmu, baik ilmu teori, praktek, maupun ilmu kehidupan. Karena di jenjang perguruan tinggi atau perkuliahan, akan sangat banyak ilmu yang akan bisa didapatkan oleh para mahasiswa. Namun, tak selamanya dan tak semuanya keinginan pelajar untuk menjadi mahasiswa dapat terealisasi, banyak alasan yang menyebabkan mereka tidak bisa melanjutkan studi mereka pada jenjang ini. Salah satunya ialah karena keterbatasan ekonomi keluarga siswa tersebut sehingga mereka kesulitan untuk mendapatkan kesempatan untuk belajar di jenjang tinggi atau perguruan tinggi ini.

Bagi kalian yang ingin melanjutkan studi dan tertarik dengan bidang Ilmu Teknologi Informasi, maka kalian bisa simak informasi ini. Gubernur Jawa Timur sekaligus Anggota Majelis Wali Amanat (MWA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember Khofifah Indar Parawansa, mengapresiasi adanya program Beasiswa Semesta yang diselenggarakan Komunitas Sevima (PT Sentra Vidya Utama). Program beasiswa pendidikan kepada lulusan SMA/SMK sederajat untuk kuliah di bidang IT.

Ia menegaskan Pemprov Jatim mendukung penuh program Beasiswa Sevima dan mendorong lulusan SMA/SMK di Jawa Timur untuk ikut mendaftar. Sebab kampus yang ditawarkan dalam program ini juga merupakan kampus-kampus favorit yang ada di Surabaya. "Saat ini kita sedang menuju industri 4.0, tentu lulusan bidang teknologi informasi sangat dibutuhkan," ungkap Khofifah dikutip dari rilis resmi pada Senin 24 Mei 2021.

Menurutnya, kualifikasi teknologi informasi akan banyak dibutuhkan di dunia kerja, industri akan kian membutuhkan yang ahli di bidang Artificial intelligence, mesin otomasi, dan banyak lagi. "Maka lulusan-lulusan expert di bidang IT harus terus kita hasilkan untuk memenuhi tuntutan jaman," tegas Khofifah.

Terlebih, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah meluncurkan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Singosari Malang yang dicanangkan sebagai “Silicon Valley” Jawa Timur. Sugianto Halim MMT selaku Chief Excecutive Officer SEVIMA, Beasiswa Semesta (Sevima Mencari Siswa Bertalenta) mengungkapkan program dengan total hadiah Rp 300 juta ditujukan kepada siswa SMA/SMK sederajat bertalenta unggul. “Pendaftaran cukup mudah dan bisa langsung dilakukan di website kami, maukuliah.id. Diharapkan peminat segera mendaftar, karena pendaftaran akan ditutup pada Jum’at 4 Juni 2021,” ungkap Halim.

Cakupan yang diterima dari Beasiswa ini

  1. Biaya Pendidikan Hingga Lulus
  2. Kontrak Kerja Selama Pendidikan
  3. Mendapatkan Uang Saku
  4. Mendapatkan Gaji dari Perusahaan
  5. Mendapat Tunjangan Kerja
  6. Jenjang Karir dari Perusahaan

Persyaratan yang harus dipenuhi

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Telah Menyelesaikan Pendidikan SMA / SMK / Sederajat
  3. Alumni SMA / SMK / Sederajat Maksimal Lulusan 2019
  4. Tidak Terikat Beasiswa Lainnya
  5. Bersedia Bekerja di Surabaya
  6. Berminat di bidang IT
  7. Mengisi Formulir Biodata dan Mengunggah Berkas yang Diperlukan

Tahapan seleksi beasiswa

  1. Pendaftaran: 20 Mei - 4 Juni 2021
  2. Pengumuman Lolos Seleksi Berkas: 11 Juni 2021
  3. Tes Tahap 1 (CBT): 19-20 Juni 2021
  4. Pengumuman Lolos CBT: 21 Juni 2021
  5. Daftar Ulang: 22-24 Juni 2021
  6. Pembukaan Hackathon: 25 Juni 2021
  7. Tes Hackathon: 26 Juni 2021
  8. Wawancara dan Pengumuman Pemenang: 27 Juni 2021

Atas terselenggaranya Beasiswa Semesta, Khofifah berharap masyarakat Jawa Timur segera mendaftar. Karena penguasaan di bidang IT akan menjadi bekal yang sangat baik untuk generasi muda Jawa Timur dalam mencari pekerjaan dan berkarya untuk bangsa. “Saya harap siswa-siswi Jawa Timur bisa berpartisipasi untuk unjuk kebolehan di program beasiswa ini, dan bisa menjadi generasi yang memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa," pungkas Khofifah. Informasi lengkap dan pendaftaran dapat diakses melalui tautan:

http://maukuliah.id/beasiswa-semesta

CATAT! INFORMASI PPDB JAWA TIMUR 2021

CATAT! INFORMASI PPDB JAWA TIMUR 2021

Cadiakid – CATAT! INFORMASI PPDB JAWA TIMUR 2021 - Seperti yang kita ketahui, pada umumnya setiap tahunnya pada bulan Juli 2021 akan menjadi tahun ajaran baru pada setiap jenjang pendidikan. Namun, karena pandemi covid-19 ini semuanya menjadi membingungkan. Namun, jangan risau dan jangan khawatir wahai para pembaca semuanya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beserta pihaknya Kemendikbud akan selalu berupaya menjadikan pendidikan di Indonesia ini yang terbaik mungkin. Mengambil keputusan yang terbaik yang bisa.
 
CATAT! PPDB JAWA TIMUR 2021

 

Pendidikan menjadi hal yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh setiap anak atau pelajar. Mereka membutuhkan pendidikan dan ilmu pengetahuan guna untuk menjadi bekal mereka di masa mendatang. Pendidikan dan ilmu pengetahuan yang akan mereka dapatkan pada setiap jenjang pendidikan, akan mereka gunakan sebagai melanjutkan studi mereka ke jenjang yang lebih tinggi atau juga bisa mereka gunakan sebagai bekal untuk mewujudkan cita-cita dan impian mereka dimasa depan.

Pendidikan tidak hanya diperoleh saat didalam kelas oleh guru saja, namun orang tua juga haruslah mengajarkan ilmu lain atau ilmu kehidupan kepada anaknya saat mereka berada di rumah. Karena pendidikan tidak melulu hanya soal teori dan materi, namun juga harus dilakukan dengan praktik dan juga tindakan-tindakan agar bisa mengacu daya pikir dan juga jiwa sosialisasi mereka.

Karena pentingnya pendidikan bagi setiap pelajar, maka walaupun saat ini masih didalam kondisi pandemi covid-19, pendidikan haruslah selalu berlangsung seperti biasanya walaupun pastinya ada beberapa hal dan sistem yang dirubah untuk menyesuaikan kondisi yang ada saat ini. Mengapa harus tetap menjalankan pendidikan walaupun tengah berada di masa pandemi covid-19? Karena memang pendidikan merupakan sektor yang sangat penting bagi sebuah negara. Pendidikan akan menentukan kualitas dari warga negara tersebut. Jika pendidikan pada negara tersebut bagus, maka warga didalamnya juga akan bagus dan berkualitas. Namun sebaliknya jika pendidikan pada negara tersebut kurang bagus, maka warganya juga akan kurang bagus dan kurag berkualitas daripada warga negara yang lainnya.

Sebentar lagi memasuki tahun ajaran baru dan penerimaan siswa atau mahasiswa baru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyelenggarakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara nasional tahun 2021. Tahun 2021, PPDB dilakukan melalui 4 jalur yakni Jalur Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas dan Jalur Prestasi.

Dalam pelaksanaannya, akan ada pemeringkatan yang dilakukan jika jumlah calon peserta didik yang melamar melebihi daya tampung sekolah. Dilansir dari laman resmi PPDB Jawa Timur (Jatim) 2021, ada kriteria pemeringkatan sesuai dengan jalur PPDB yang dipilih.

1. Jalur Afirmasi

Apabila pendaftar melebihi kuota daya tampung sekolah, maka pemeringkatan yang dilakukan berdasarkan urutan ini:

  1. Jarak Domisili Terdekat.
  2. Usia Calon Peserta Didik yang lebih tua.
  3. Waktu Pendaftaran.

2. Jalur Perpindahan Tugas Orangtua

Apabila pendaftar melebihi kuota daya tampung (pagu) sekolah, maka pemeringkatan berdasarkan urutan :

  1. Jarak domisili terdekat.
  2. Usia calon peserta didik yang lebih tua.
  3. Waktu pendaftaran.

3. Jalur prestasi hasil perlombaan

Jalur prestasi berdasarkan hasil perlombaan dan/atau penghargaan akademik dan non akademik, diperingkat berdasarkan urutan :

  1. Bobot prestasi (skoring).
  2. Rerata nilai rapor.
  3. Usia calon peserta didik yang lebih tua.

Sedangkan sistem skor berdasarkan :

  1. Skor prestasi berjenjang individu
  2. Skor prestasi berjenjang beregu dan skor prestasi tidak berjenjang individu
  3. Skor prestasi tidak berjenjang beregu
  4. Skor khusus Hafidz Qur’an. Sertifikat dikeluarkan oleh Pondok Pesantren/Lembaga Tahfidzul Qur’an, dan dilegalisir oleh kantor Kemenag Kabupaten/Kota

Delegasi sekolah yang dikirim di tingkat Provinsi/Nasional/Internasional, skor dihitung dengan cara:

  1. Delegasi Individu, setara dengan Juara III Prestasi Tidak Berjenjang (individu) sesuai tingkatannya.
  2. Delegasi Beregu, setara dengan Juara III Prestasi Tidak Berjenjang (beregu) sesuai tingkatannya.

4. Jalur Zonasi SMA

Pemeringkatan berdasarkan urutan :

  1. Jarak domisili terdekat.
  2. Usia calon peserta didik yang lebih tua
  3. Waktu pendaftaran

5. Jalur prestasi nilai akademik

Diperingkat berdasarkan urutan :

  1. Jumlah nilai akhir.
  2. Jika jumlah nilai akhir sama, maka diperingkat berdasarkan urutan perolehan rerata nilai rapor mata pelajaran:
    - Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
    - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    - Bahasa Indonesia
    - Matematika
    - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
    - Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
    - Bahasa Inggris
  3. Waktu pendaftaran.

Begitulah informasi CATAT! INFORMASI PPDB JAWA TIMUR 2021 kriteria pemeringkatan yang berlaku saat PPDB 2021 khususnya di Provinsi Jawa Timur. Semoga dapat bermanfaat.

Ini Dia Solusi Guru Honorer dari Komisi X DPR RI

Ini Dia Solusi Guru Honorer dari Komisi X DPR RI

Cadiak.id – Ini Dia Solusi Guru Honorer dari Komisi X DPR RI - Guru merupakan salah satu unsur penting dalam pembangunan negara. Dengan adanya guru yang baik serta memadai, maka Pendidikan akan berjalan lancar serta menghasilkan SDM yang baik. Nantinya apabila suatu negara memiliki SDM yang baik maka hal ini akan menunjang setiap pembangunan yang dilakukan oleh negara tersebut.

Ini Dia Solusi Guru Honorer dari Komisi X DPR RI

 

Guru adalah seorang yang akan sangat berjasa kepada kita. Guru akan selalu senantiasa mengajarkan segala macam ilmu yang mereka punya kepada para pelajarnya. Guru menjadi sosok garda terdepan di sektor pendidikan. Setiap sekolahan haruslah memiliki seorang guru karena tanpa adanya guru, maka sekolah tersebut tidak akan bisa disebut sekolah tempat mencari ilmu. Karena seorang gurulah yang akan mengajarkan ilmu-ilmu kepada para muridnya.

Tak hanya sampai disitu, sikap dan sifat baik dari guru-guru yang telah mengajar kita haruslah kita ambil dan tiru. Mulai dari rajinnya beliau, cerdasnya mereka hingga kesabaran mereka yang selalu sabar setiap mengajar kepada kita.

Indonesia merupakan daerah yang sangat besar dan luas. Setiap daerah di Indonesia pastinya akan memiliki sekolahan tempat dimana seorang siswa menimba atau menuntut ilmu. Karena seluruh anak sangatlah membutuhkan ilmu dan pendidikan dari usia dini hingga tumbuh dewasa kelak.

Ada informasi terbaru yang datang dari Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Bahwa Komisi X DPR RI mengusulkan pada pemerintah agar guru honorer yang sudah bekerja lebih dari 10 tahun langsung diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hal ini, disampaikan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. Pihaknya, selain mengusulkan agar guru honorer yang sudah bekerja lebih dari 10 tahun langsung diangkat menjadi PPPK, juga mengusulkan hal lain.

Yakni, perlu diadakan mekanisme lanjutan agar mereka dapat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam masa tersebut, juga harus ada pendampingan dan pelatihan intensif agar para guru PPPK tersebut dapat meningkatkan kapasitasnya sesuai standar kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi guru PNS.

Hetifah menyarankan, guru-guru senior yang belum lulus seleksi menjadi guru PNS dapat dipertimbangkan untuk diangkat menjadi tenaga kependidikan PNS. “Hal ini sebagai bentuk penghargaan akan pengabdian mereka selama bertahun-tahun. Kualifikasi yang perlu dimiliki tenaga kependidikan mungkin tidak sekompleks guru, dan hal itu bisa diajarkan melalui adanya pelatihan-pelatihan,” pungkas politisi Partai Golkar itu dilansir dari laman dpr.go.id

Sebelumnya, Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Ganefri mengatakan, terdapat beberapa permasalahan yang selama ini terjadi terkait guru honorer. Antara lain gaji yang rendah, kurangnya penghargaan, serta tidak adanya kesempatan mengikuti pelatihan-pelatihan layaknya guru PNS. “Regulasi ini yang perlu kita atur, sehingga tidak ada perbedaan perlakuan dan diskriminasi antara guru honorer dan PNS,” ujar Ganefri.

Disisi lain, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sumaryanto mengatakan, perekrutan guru dan tenaga kependidikan perlu memperhatikan 3 aspek. Tidak hanya penalaran atau kognitif, psikomotor, dan afektif, termasuk juga karakter. “Jika kita tidak hati-hati dalam proses rekrutmen, kita dalam analogi dapat seperti membeli kucing dalam karung,” jelas Sumaryanto.

Sementara Rektor Universitas Negeri Manado (Unima) Deitje mengusulkan adanya rekognisi purnabakti dini terhadap guru dan tenaga kependidikan honorer. "Ada guru honorer yang sudah lama tidak diangkat, namun usia sudah mendekati pensiun. Perlu adanya insentif bagi mereka, dengan indikator kinerja utama untuk menentukannya,” ungkapnya.

Dekan FE Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Gede Adi mengatakan bahwa kualitas guru perlu menjadi fokus setelah pengangkatan ASN dilakukan. “Pelatihan guru pasca diangkat ini yang perlu menjadi perhatian untuk menjamin kompetensi. Kami harap Komisi X dapat mengembalikan keran LPTK menjadi satu-satunya lembaga untuk menyiapkan guru dan tenaga kependidikan,” ungkap Gede Adi.

TRIK PALING JITU MENINGKATKAN DAYA INGAT

TRIK PALING JITU MENINGKATKAN DAYA INGAT

Cadiakid - Daya ingat sangat diperlukan ketika anda memiliki kegiatan dan pekerjaan yang banyak maupun menumpuk, apabila anda memiliki daya ingat yang baik maka ini akan membantu anda dalam mengorganisir penyelesaian pekerjaan anda, hal yang berkebalikan apabila anda tidak memiliki daya ingat yang baik, maka anda akan kesulitan dalam mengorganisir pekerjaan anda. Untuk itu beberapa tips jitu berikut ini dengan menggunakan prinsip dan teknis dari Barlow (1985), Reber (1988), dan Anderson (1990), cara ampuh meningkatkan daya ingat  adalah sebagai berikut. 

 TRIK PALING JITU MENINGKATKAN DAYA INGAT

Tips Meningkatkan Daya Ingat :

1.Overlearning

Overlearning(belajar lebih) artinya upaya belajar yang melebihi batas penguasaan dasar atas materi pelajaran tertentu. Overlearning terjadi apabila respons atau reaksi tertentu muncul setelah siswa melakukan pembelajaran atas respons tersebut de­ngan cara di luar kebiasaan. Banyak contoh yang dapat dipakai untuk overlearning, antara lain pembacaan teks Pancasila pada setiap hari Senin dan Sabtu memungkinkan ingatansiswa terhadap materi PPKN lebih kuat.

2.Extra study time

Extra study time(tambahan waktu belajar) ialah upaya penambahan alokasi waktu belajar atau penambahan frekuensi (kekerapan) aktivitas belajar. Penambahan alokasi waktu belajar materi tertentu berarti siswa menambah jam belajar, misalnya dari satu jam menjadi satu setengah jam. Penambahan frekuensi belajar berarti siswa meningkatkan kekerapan belajar materi tertentu, misalnya dari sekali sehari menjadi dua kali sehari. Kiat ini dipandang cukup strategis karena dapat melindungi memori dari kelupaan.

3.Mnemonic device

Mnemonic device(muslihat memori) yang sering juga hanya disebut mnemonic itu berarti kiat khusus yang dijadikan “alat pengait” mental untuk memasukkan item-item informasi ke dalam sistem akal siswa. Muslihat mnemonic ini banyak ragamnya, tetapi yang paling menonjol adalah sebagaimana terurai di bawah ini.

4. Rima(Rhyme),

yakni sajak yang dibuat sedemikian rupa yang isinya terdiri atas kata dan istilah yang harus diingat siswa. Sajak ini akan lebih baik pengaruhnya apabila diberi not-not sehingga dapat dinyanyikan. Nyanyian anak-anak TK vang berisi pesan-pesan moral dapat diambil sebagai contoh penyusunan mnemonik.

5. Singkatan,

yakni terdiri atas huruf-huruf awal nama atau istilah yang harus diingat siswa. Contoh, jika seorang siswa hendak mempermudah mengingat nama Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, dan Nabi Musa, dapat menyingkatnya dengan ANIM. Pembuatan singkatan-singkatan seyogyanya dilakukan sedemi­kian rupa sehingga menarik dan memiliki kesan tersendiri.

6. Sistem katapasak (peg word system),

yakni sejenis teknik mnemonik yang menggunakan komponen-komponen yang sebelumnya telah dikuasai sebagai pasak (paku) pengait memori baru. Kata komponen pasak ini dibentuk berpasangan seperti merah-saga, panas-api. Kata-kata ini berguna untuk mengingat kata dan istilah yang memiliki watak yang sama seperti: darah, lipstik; pasangan langit dan bumi; neraka, dan kata/istilah lain yang     memiliki kesamaan watak (warna, rasa, dan seterusnya).

7. Metode Losai(Method of Loci),

yaitu kiat mnemonik yang menggunakan tempat-tempat khusus dan terkenal sebagai sarana penempatan kata dan istilah tertentu yang harus diingat siswa. Kata “loci” sendiri adalah jamak dari kata “locus” artinya tempat. Dalam hal ini, nama-nama kota, jalan, gedung terkenal dapat dipakai untuk menempatkan kata dan istilah yang kurang lebih relevan dalam arti memiliki kemiripan ciri dan keadaan. Contoh: nama ibukota Amerika Serikat untuk mengingat nama presiden pertama negara itu (George Washington); dan gedung bundar untuk mengingat nama jaksa agung Indonesia. Apabila guru memerlukan siswa menyebut nama-nama tadi, ia dapat menyuruh siswa tersebut “bepergian” ke tempat-tempat tersebut.

8. Sistemkata kunci (key word system).

Kiat mnemonikyang satu ini relatif tergolong baru dibanding dengan kiat-kiatmnemoniklainnya. Kiat ini mula-mula dikembangkan pada tahun 1975 oleh dua orang pakar psikologi, Raugh dan Atkinson (Barlow, 1985). Sistem kata kunci biasanya direkayasa secara khusus untuk mempelajari kata dan istilah asing, dan konon cukup efektif untuk pengajaran bahasa asing, Inggris misalnya. Sistem ini berbentuk daftar kata yang terdiri atas unsur-unsur sebagai berikut: 1) kata-kata asing; 2) kata-kata kunci, yakni kata-kata bahasa lokal yang paling kurang suku pertamanya memiliki suara/lafal yang mirip dengan kata yang dipelajari; 3) arti-arti kata asing tersebut. 

Demikian, artikel tentang Cara Paling Ampuh Meningkatkan Daya Ingat menurut Barlow, Reber, dan Andersen. Semoga bermanfaat

TERLENGKAP! BERIKUT PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL

TERLENGKAP! BERIKUT PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL

Cadiakid - TERLENGKAP! BERIKUT PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL, Pemahaman berikut tentang interaksi sosial, interaksi sosial adalah hubungan sosial tentang hubungan antara individu, individu (seseorang) dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Tanpa pekerja sosial, tidak akan ada lagi kehidupan. Proses sosial adalah interaksi atau hubungan timbal balik atau pengaruh timbal balik antara manusia yang berlangsung sepanjang hidupnya di masyarakat. Menurut Soerjono Soekanto, proses sosial ditafsirkan sebagai sarana terkait yang dapat diamati jika individu dan kelompok sosial memenuhi dan menentukan sistem dan bentuk hubungan sosial.
TERLENGKAP! BERIKUT PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL

Pengertian Interaksi Sosial  Menurut Para Ahli

  1. Homans ( dalam Ali, 2004: 87) mendefinisikan interaksi sebagai suatu kejadian ketika suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang terhadap individu lain diberi ganjaran atau hukuman dengan menggunakan suatu tindakan oleh individu lain yang menjadi pasangannya. Konsep yang dikemukakan oleh Homans ini mengandung pengertian bahwa interaksiadalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam interaksi merupakan suatu stimulus bagi tindakan individu lain yang menjadi pasangannya.
  2. Shaw, interaksi sosial adalah suatu pertukaran antarpribadi yang masing- masing orang menunjukkan perilakunya satu sama lain dalam kehadiran mereka, dan masing- masing perilaku mempengaruhi satu sama lain. Hal senada juga dikemukan oleh Thibaut dan Kelley bahwa interak si sosial sebagai peristiwa saling mempengaruhi satu sama lain ketika dua orang atau lebih hadir bersama, mereka menciptakan suatu hasil satu sam lain atau berkomunikasi satu sama lain. Jadi dalam kasus interaksi, tindakan setiap orang bertujuan untuk mempengaruhi individu lain. 
  3. Bonner ( dalam Ali, 2004) interaksi merupakan suatu hubungan antara dua orang atau lebih individu, dimana kelakuan individu mempengaruhi, mengubah atau mempengaruhi individu lain atau sebaliknya.
Pengertian Interakasi sosial menurut beberapa ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa, interaksi adalah hubungan timbal balik anatara dua orang atau lebih, dan masing-masing orang yang terlibat di dalamnya memainkan peran secara aktif. Dalam interaksi juga lebih dari sekedar terjadi hubungan antara pihak- pihak yang terlibat melainkan terjadi saling mempengaruhi.

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Syarat terjadinya intera ksi sosial terdiri atas kontak sosial dan komunikasi sosial. Kontak sosial tidak hanya dengan bersentuhan fisik. Dengan perkembangan tehnologi manusia dapat berhubungan tanpa bersentuhan, misalnya melalui telepon, telegrap dan lain-lain. Komunikasi dapat diartikan jika seseorang dapat memberi arti pada perilaku orang lain atau perasaan-perasaan yang ingin disampaikan oleh orang tersebut.

Proses Interaksi Sosial yang terjadi dalam masyarakat bersumber dari faktor imitasi, sugesti, simpati, identifikasi dan empati.
  1. Imitasi merupakan suatu tindakan sosial seseorang untuk meniru sikap, tindakan, atau tingkah laku dan penampilan fisik seseorang.
  2. Sugesti merupakan rangsangan, pengaruh, atau stimulus yang diberikan seseorang kepada orang lain sehingga ia melaksanakan apa yang disugestikan tanpa berfikir rasional.
  3. Simpati merupakan suatu sikap seseorang yang merasa tertarik kepada orang lain karena penampilan,kebijaksanaan atau pola pikirnya sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh orang yang menaruh simpati.
  4. Identifikasi merupakan keinginan sama atau identik bahkan serupa dengan orang lain yang ditiru (idolanya)
  5. Empati merupakan proses ikut serta merasakan sesuatu yang dialami oleh orang lain. Proses empati biasanya ikut serta merasakan penderitaan orang lain.
Jika proses interaksi sosial tidak terjadi secara maksimal akan menyebabkan terjadinya kehidupan yang terasing. Faktor yang menyebabkan kehidupan terasing misalnya sengaja dikucilkan dari lingkungannya, mengalami cacat, pengaruh perbedaan ras dan perbedaan budaya.

Bentuk-bentuk interaksi sosial adalah Asosiatif dan Disasosiatif (Soerjono Soekanto, 2010: 64).

a. Asosiatif
Asosiatif terdiri dari kerjasama (cooperation), akomodasi (accomodation). Kerjasama disini dimaksudkan sebagai suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok manusia untuk mencapai satu atau beberapa tujuan bersama. Akomodasi merupakan suatu cara untuk menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan sehingga lawan tidak kehilangan kepribadiannya.

b. Disasosiatif
Disasosiatif terdiri dari persaingan (competition), dan kontravensi (contravention), dan pertentangan (conflict). Persaingan diartikan sebagai suatu proses sosial di mana individu atau kelompok – kelompok manusia yang bersaing mencari keuntungan melalui bidang – bidang kehidupan yang pada suatu masa tertentu menjadi pusat perhatian umum (baik perseorangan maupun kelompok manusia) dengan cara menarik perhatian publik atau dengan mempertajam prasangka yang telah ada tanpa mempergunakan ancaman atau kekerasan.

Demikian artikel tentang pengertian interaksi sosial, kami harap artikel ini dapat membantu anda untuk menambah pengetahuan.
LENGKAP! LATIHAN SOAL BIMTEK MAPEL MATEMATIKA GURU SD

LENGKAP! LATIHAN SOAL BIMTEK MAPEL MATEMATIKA GURU SD

LENGKAP! LATIHAN SOAL BIMTEK MAPEL MATEMATIKA GURU SDCadiakid - Apakah anda sedang pelatihan BIMTEK ? Khususnya untuk Guru SD Matematika apabila iya maka latihan soal berikut mungkin dapat dimanfaatkan, berikut ini kami bagikan Contoh soal BIMTEK Matematika Guru SD yang bisa kamu jadikan sebagai bahan untuk belajar dalam mempersiapkan diri

1. Dalam kompetisi Matematika yang terdiri dari 50 soal, peserta akan mendapat skor 4 untuk setiap jawaban benar, skor -2 untuk jawaban salah, dan skor -1 untuk soal yang tidak dijawab. Jika Arya dapat menjawab 45 soal dan yang benar 36 soal, maka skor yang didapat Arya adalah ....
A. 115
B. 121
C. 135
D. 144
E. 154

2. Sebuah perkemahan diikuti oleh 50 orang murid kelas IV, 40 murid kelas V, dan 30 orang murid kelas VI. Dari jumlah tersebut akan dibentuk regu sebanyak- banyaknya. Setiap regu terdiri atas murid kelas IV, V, dan VI dengan jumlah sama banyak. Banyaknya regu yang dapat dibentuk adalah ….

A. 10 regu

B. 12 regu

C. 15 regu

D. 20 regu

E. 25 regu

3. Denah tanah Paman berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 4,5 cm dan lebar 3 cm. Jika skala pada denah 1:600, maka keliling sebenarnya tanah Paman adalah ….

A. 42m

B. 48 m

C. 56 m

D. 76 m

E. 90 m

4. Tabungan Ardi berbanding tabungan Beni adalah 5 : 2. Jika selisih tabugan mereka adalah Rp. 150.000,00, maka jumlah tabungan mereka berdua adalah …
A. Rp 250.000,00
B. Rp 300.000,00
C. Rp 350.000,00
D. Rp 575.000,00
E. Rp 625.000,00 


5. Perhatikan gambar!


Yang merupakan sudut dalam bersebrangan pada gambar di atas adalah ….

A. < L1 dan < K3

B. < L1 dan < K1

C. < L1 dan < L2

D. < L1 dan < L3

E. < L2 dan < K2 


6. Pada gambar berikut ini! 

Jika panjang AB = 6 cm, AC = 10 cm, dan CE = 16 cm. Maka panjang DE adalah. 7. Perhatikan gambar!

Luas permukaan gambar di atas adalah….

A. 868 cm2

B. 898 cm2

C. 968 cm2

D. 988 cm2

E. 989 cm2


8. Sebuah kaleng berbentuk balok dengan panjang 25 cm, lebar 18 cm, dan tinggi 30 cm. Kaleng tersebut akan diisi minyak 4/5 bagian. Volume minyak goreng pada kaleng tersebut adalah ….

10.600 cm3

10.800 cm3

10.200 cm3 11.800 cm3

13.500 cm3 


9.  Perhatikan tabel berikut. Modus dari data pada distribusi frekuensi berikut ini adalah …. 


A. 149,9

B. 150,5

C. 151,5

D. 151,0

E. 152,0 


10. Nilai ulangan Matematika Arum selama satu semester sebagai berikut: 7, 8, 9, 8, 7, 8. Jika selama satu semester tersebut terdapat 7 kali ulangan dan rata-rata nilai ulangan Matematika Arum adlah 8, maka nilai ulangan Matematika Arum yang belum tertulis adalah ....

A. 6

B. 7

C. 8

D. 9

E. 10

Buku Paket

[Buku Paket][recentbylabel2]

Karya Ilmiah

[karyailmiah][recentbylabel2]
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done