Berita Pendidikan
News Update
Loading...

1/05/2021

Dampak Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru

Dampak Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru

Apa saja Dampak Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru? Semakin banyak pertanyaan yang dilatarbelakangi Asesmen Nasional. Salah satunya dampak yang mungkin terjadi pada kalangan guru di kemudian hari.

Dampak Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru

Pada laman Kemdikbud.go.id, sudah dijelaskan terkait dengan konsep Merdeka Belajar. Hal ini berupa tanya jawab tentang empat pokok pikiran merdeka belajar.


Seperti yang diketahui, program Merdeka belajar meliputi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.


Terhitung sejak tahun 2021, Ujian Nasional (UN) akan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Kedua asesmen ini memang dirancang khusus dengan fungsi pemetaan serta perbaikan mutu pendidikan secara nasional.


Apabila melihat secara konstruksi hukum, Undang-undang Sisdiknas secara eksplisit memberikan mandat kepada pemerintah melalui lembaga mandiri untuk melakukan evaluasi mutu sistem pendidikan nasional.


Dalam hal ini, asesmen pengganti UN akan menjadi instrumen guna melayani fungsi tersebut. Terlepas dari itu, pengadilan Negeri Jakarta 2007, serta kemudian Mahkamah Agung (MA) pada 2009, menilai bahwa UN tidak adil bagi siswa berada di sekolah dan /atau daerah yang kekurangan sumber daya.


MA pun memerintahkan pemerintah untuk “meninjau kembali sistem pendidikan nasional”. Dengan adanya rancangan asesmen baru yang berfungsi untuk memetakan mutu serta umpan balik bagi sekolah, tanpa ada konsekuensi bagi siswa, maka pemerintah secara otomatis sudah patuh dengan putusan hukum MA terkait UN.


Pertanyaannya, Apa dampak Asesmen Kompetensi Minimum bagi siswa, guru dan sekolah? Untuk jawaban dari pertanyaan ini, asesmen kompetensi pengganti UN akan dirancang supaya tidak mempunyai konsekuensi bagi siswa.


Sebagai contoh ialah pelaksanaannya pada pertengahan jenjang (bukan akhir jenjang) menjadikan hasil asesmen kompetensi tidak relevan untuk menilai pencapaian siswa.


Dalam hal ini, hasilnya pun juga tidak relevan untuk seleksi memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi. Dengan begitu, asesmen ini tidak akan menjadi beban tambahan bagi siswa, diluar beban belajar normal yang sudah dijalani.


Nantinya, analisis dan laporan hasil asesmen kompetensi akan dibuat supaya bisa dimanfaatkan oleh guru dan sekolah. Sehingga bisa diambil langkah perbaikan dalam proses belajar mengajar. Kondisi ini juga dimungkinkan lantaran asesmen baru akan didasarkan pada model learning progression yang akan menunjukkan posisi siswa dalam tahapan perkembangan suatu kompetensi.


Terlebih lagi, hasil asesmen ini juga akan dirancang agar tidak menjadi ancaman bagi guru atapun sekolah. Pemerintah sangat sadar bahwa baik buruknya pencapaian siswa dipengaruhi oleh faktor pengajaran ataupun beberapa faktor di luar sekolah.


Sebagai contoh ialah faktor lingkungan rumah dan gaya pengasuhan orang tua. Maka dari itu, keberhasilan guru atau sekolah akan lebih didasarkan pada perubahan dan kemajuan yang dicapai dibanding waktu asesmen sebelumnya.


Penting diketahui, hasil asesmen justru akan digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan sekolah. Kemdikbud pun akan mengalokasikan dukungan, baik dalam bentuk alokasi SDM ataupun dana sesuai dengan kebutuhan tiap sekolah.

1/04/2021

Pola, Tahapan, Dan Hasil Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum

Pola, Tahapan, Dan Hasil Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum

Program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum saat ini masih menjadi dilema. Pasalnya masih banyak kalangan guru yang masih belum paham dengan tujuan, pola, tahapan, serta hasil akhir yang diperoleh.

Pola, Tahapan, Dan Hasil Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum

Seperti yang sudah kami ulas sebelumnya, program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum merupakan program pembelajaran yang dirancang untuk membantu pada Guru, Kepala Sekolah, atau Pengawas SD, SMP, SMA/SMK dan PKBM sederajat dalam memahami tujuan, konsep sekaligus bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional.


Sehingga nantinya, beberapa elemen yang sudah kami sebutkan diatas, mampu mengalanisis contoh asesmen literasi membaca dan numerisasi pada Asesmen Kompetensi Minimum.


Yang menjadi pertanyaan disini, apa serunya belajar bersama di program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum? Dalam hal ini, setidaknya ada 3 poin yang bisa anda ketahui, beberapa diantaranya mencakup :

  • Lebih Fleksibel : Anda bisa mengatur waktu belajar sesuai dengan waktu luang.
  • Lebih Mudah : Anda bisa lebih mudah dalam mempelajari konten pembelajaran yang sudah dirancang sedemikian rupa menjadi unit belajar yang lebih kecil.
  • Lebih Kolaboratif : Anda bisa belajar dengan rekan yang lain, baik itu guru, kepala sekolah, pengawas, atau bahkan dari PKBM.


Apa saja tahapan program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum? Jika melansir dari situs resmi, ada dua tahapan yang harus dilalui. Beberapa diantaranya ialah :


Tahap 1 : Bimtek

Dalam tahapan ini, peserta akan lebih dulu mengikuti orientasi yang membekali peserta terkait latar belakang, tujuan umum, kebijakan dan alur program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum.


Di tahap Bimtek ini peserta akan mengikuti pembelajaran tentang konsep Asesmen Nasional, konsep Asesmen Kompetensi Minimum, butir soal literasi membaca dan numerisasi, sekaligus memnaca dan menindaklanjuti hasil Asesmen Kompetensi Minimum dalam kurun waktu selama lima hari.


Tahap 2 : Pengimbasan

Di tahap kedua ini, peserta diharap bisa menjadi bagian dari perubahan pendidikan dengan cara mengajak dan mendampingi guru lain pada satuan pendidikan peserta guna mengikuti Program Guru belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum.


Selain itu, peserta harus mendokumentasikan video pengimbasan serta mengunggah video tersebut pada kanal video berbagi (Youtube) dengan memasukkan link URL video tersebut sebagai syarat untuk mengunduh Piagam Penghargaan.


Apa yang nantinya bisa didapat oleh peserta program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum? Ada beberapa poin hasil yang bisa dipetik dari pelaksanaan program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum. Beberapa diantaranya sudah kami rangkum dibawah ini :

  • Memperoleh pengalaman belajar yang lebih seru.
  • Memperoleh pengalaman belajar bersama guru, kepala sekolah, pengawas, dan PKBM sederajat.
  • Memperoleh pemahaman terhadap Asesmen Kompetensi Nasional
  • Memperoleh Sertifikat Bimtek 32 JP dan Piagam Penghargaan.

1/03/2021

Tujuan Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum

Tujuan Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum

Apa Tujuan Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum? Pertanyaan ini bisa muncul saat anda mendengar kabar terkait dengan adanya Asesmen Nasional yang akan muali diterapkan tahun 2021.

Tujuan Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum

Jika anda memang mempunyai niat untuk memahami konsep sekaligus bentuk dari pelaksanaan Asesmen Nasional, maka sudah tepat jika anda membaca artikel ini. Sebab tidak hanya memahami, bahkan anda  juga bisa mengalisis contoh asesmen literasi membaca dan numerisasi pada Asesmen Kompetensi Minimum.


Secara dasar, pemerintah mengajak belajar bersama dalam program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pertanyaannya, apa sih program guru belajar seri asesmen kompetensi minimum tersebut?


Menurut yang kami rangkum dari situs resmi, program Guru Belajar Seri AKM merupakan program pembelajaran yang memang dirancang khusus untuk membantu para Guru / Kepala Sekolah / Pengawas SD, SMP, SMA/SMK dan PKBM sederajat dalam memahami tujuan, konsep dan bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional.


Dalam hal ini, nantinya guru akan bisa melakukan analisis contoh asesmen literasi membaca sekaligus numerisasi pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).


Sampai pada poin inti, Apa tujuan Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum? Pertanyaan ini mempunyai beberapa poin jawaban. Beberapa diantaranya ialah :

  • Memahami konsep Asesmen Nasional
  • Memahami bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional
  • Meganalisis contoh asesmen literasi membaca pada Asesmen Kompetensi Minimum.
  • Menganalisis contoh asesmen numerisasi pada Asesmen Kompetensi Minimum.
  • Membaca dan menindaklanjuti laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum
  • Melakukan pengimbasan dengan mengajak rekan guru yang lain untuk mengikuti program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum.


Siapa saja yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum? Poin ini pada dasarnya sudah dijelaskan pada laman resmi Kemdikbud. Peserta yang tercakup ialah :

  • Semua Guru SD. SMP, dan SMA/SMK
  • Kepala Sekolah SD, SMP, dan SMA/SMK
  • Pengawas SD, SMP, dan SMA/SMK
  • Peserta yang berasal dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sederajat SD, SMP, SMA/SMK
  • Sudah mempunyai akun SIMPKB.


Tahapan Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum :

  • Tahap 1 : Bimtek (peserta adalah Guru / Kepala Sekolah / Pengawas SD, SMP, SMA/SMK dan PKBM sederajat.
  • Tahap 2 : Peserta adalah Guru / Kepala Sekolah / Pengawas SD. SMP, SMA/SMK dan PKBM sederajat yang sudah menyelesaikan Tahap 1 (Bimtek) dengan nilai minimal 70 serta dilakukan di satuan pendidikan peserta.


Berikut jadwal pelaksanaan program berdasar tahapan :

Pendaftaran :

  • Peserta bisa mendaftar dengan memilih jadwal Bimtek yang tersedia (22 Desember 2020 – 23 Februari 2021.


Bimtek :

  • Angkatan 1 : 4 - 8 Januari 2021
  • Angkatan 2 : 9 - 13 Januari 2021
  • Angkatan 3 : 14 - 18 Januari 2021
  • Angkatan 4 : 19 – 23 Januari 2021
  • Angkatan 5 : 24 – 28 Januari 2021
  • Angkatan 6 : 29 Januari – 2 Februari 2021
  • Angkatan 7 : 3 – 7 Februari 2021
  • Angkatan 8 : 8 – 12 Februari 2021
  • Angkatan 9 : 13 – 17 Februari 2021
  • Angkatan 10 : 18 – 22 Februari 2020
  • Angkatan 11 : 23 – 27 Februari 2021


Pengimbasan :

  • Semua angkatan : 9 Januari – 27 Februari 2021

1/02/2021

Syarat Beasiswa Kuliah S1 PPM School of Management

Syarat Beasiswa Kuliah S1 PPM School of Management

Apa saja Syarat Beasiswa Kuliah S1 PPM School of Management? Dikutip dari laman resmi, PPM School of Management yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, saat ini membuka program beasiswa penuh dan parsial bagi calon mahasiswa yang akan berkuliah jenjang S1 tahun 2021.

Syarat Beasiswa Kuliah S1 PPM School of Management

Seperti yang kita ketahui, PPM Scholl of Management merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi unggul yang bergerak di bidang studi manajemen bisnis di Indonesia. Kurikulum yang diterapkan terintegrasi dengan soft skill development hingga sertifikasi. Kondisi ini juga akan memudahkan lulusannya menjalani karier pada berbagai negara di dunia.


Untuk bisa berkontribusi nyata dalam penyebaran pendidikan berkualitas di Indonesia, PPM School of Management membuka beasiswa penuh dan parsial untuk pelajar Indonesia. Agar lebih jelas, berikut jenis dan info beasiswa S1 PPM School of Mnagement.


Ada beberapa cakupan yang disediakan oleh beasiswa PPM School of Management. Beberapa diantarannya ialah :


Beasiswa Penuh :

PPM School of Management menawarkan beasiswa penuh 100% teruntuk pelajar SMA/SMK/Sederajat yang tertarik untuk melanjutkan kuliah pada bidang Manajemen Bisnis dan Akuntansi Bisnis. Cakupan terdiri dari :

  • Biaya Pengembangan
  • Biaya Pembinaan per semester
  • Biaya SKS 8 semester
  • Biaya Orientasi


Beasiswa Parsial 50%

Selain beasiswa penuh, PPM School of Management juga menawarkan beasiswa potongan 50% dari total seluruh biaya kuliah teruntuk pelajar SMA/SMK/Sederajat yang berniat melanjutkan kulaih di bidang Manajemen dan Akuntansi Bisnis. Biaya terdiri dari :

  • Biaya pengembangan
  • Biaya Pembinaan per semester
  • Biaya SKS 8 semester
  • Biaya Orientasi


Beasiswa Potongan Biaya Studi

PPM SoM juga menawarkan beasiswa berupa potongan biaya kuliah hingga Rp 55 juta teruntuk pelajar SMA/SMK/Sederajat. Besaran potongan ini tergantung hasil tes seleksi, yakni berupa biaya pengembangan.


Syarat Pendaftaran

Beasiswa Penuh 100% dan Beasiswa 50%
  • Siswa kelas XII SMA/SMK/Sederajat pada tahun ajaran 2020-2021 (tidak berlaku untuk gap year)
  • Lulus seleksi PPM School of Managament
  • Kandidat bisa melampirkan informasi prestasi yang sudah diraih dengan dokumen pendukung.


Beasiswa Parsial

  • Siswa kelas XII SMA/SMK/Sederajat pada tahun ajaran 2020-2021 (tidak berlaku untuk gap year).
  • Lulus seleksi PPM School of Management.


Beasiswa Potongan Biaya Studi

  • Siswa kelas XII SMA/SMK/Sederajat pada tahun ajaran 2020-2021 ataupun siswa gap year maksimal 3 tahun waktu lulus.
  • Lulus seleksi PPM School of Manajement.


Syarat Dokumen

  • Formulir pendaftaran PPM School of Management
  • Softcopy KTP/Kartu Pelajar/Passport
  • Softcopy Kartu Keluarga
  • Softcopy foto berwarna ukuran 4x6 dengan latar merah/biru/putih.
  • Softcopy/scan rapor SMA/Sederajat dari kelas X hingga dengan semester terakhir yang sudah di legalisir.


Pendaftaran

Deadline dari beasiswa ialah 3 hari sebelum tes seleksi dilaksanakan, yaitu :

  • Minggu 17 Januari 2021
  • Minggu  21 Februari 2021
  • Minggu 21 Maret 2021
  • Minggu 11 April 2021
  • Minggu 23 Mei 2021
  • Minggu 13 Juni 2021


Informasi lebih lanjut, hubungi tim admisi PPM School of Management melalui email : smb-ppm@ppm-manajemen.ac.id atau laman resmi htpps://ppmschool.ac.id/

1/01/2021

Cara Cek Info GTK Dengan Cepat Tanpa Harus Login SIM PKB

Cara Cek Info GTK Dengan Cepat Tanpa Harus Login SIM PKB

Bagaimana Cara Cek Info GTK Dengan Cepat Tanpa Harus Login SIM PKB? Seperti yang kita ketahui, info GTK merupakan sebuah halaman web yang menaampilkan beberapa data diri seorang pendidik atau guru.

Cara Cek Info GTK Dengan Cepat Tanpa Harus Login SIM PKB

Data yang dimaksud sesuai dengan kondisi nyata unit kerja masing-masing. Serta menurut entrian pengelola data pada aplikasi secaea resmi di rilis oleh Kemdikbud, yakni Dapodik (Data Pokok Pendidikan).


Nah untuk bisa melihat info GTK tersebut, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Menurut yang kami rangkum dari berbagai sumber, setidaknya ada alternatif yang bisa anda gunakan. Beberapa diantaranya ialah :

  • Pertama : Apabila status anda sebagai guru, maka anda bisa menggunakan user SIM PKB untuk melihat info GTK. Namun bisa juga melihat informasi tersebut melalui laman resmi info GTK Kemdikbud di http://info.gtk.kemdikbud.go.id. Untuk login anda bisa menggunakan NUPTK atau Akun PTK yang sudah terdaftar di aplikasi Dapodik.
  • Kedua : Apabila status anda sebagai seorang operator sekolah atau pengelola data sekolah, maka anda bisa menggunakan username Dapodik melalui laman managemen dapodik di laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id.


Untuk informasi yang lebih detail, berikut kami lampirkan cara sederhana mengecek info GTK melalui akun Operator Dapodik :

  • Kunjungi dan login ke halaman manajemen dapodik di https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Saat muncul halaman login, masukkan username dan password dapodik yang aktif.
  • Setelah masuk pda halaman manajemen dapodik, maka anda bisa memilih menu Kelola Data Pokok dan anda akan dibawa pada halaman baru dengan tampilan menu yang lebih komplit. Menu tersebut mencakup : Sekolah, Prasarana, Guru dan Tendik, Rombel dan Peserta Didik. Pada menu ini, anda bisa memilih menu Guru dan Tendik sehingga akan muncul daftar PTK yang ada dalam aplikasi Dapodik.
  • Langkah selanjutnya, pilih PTK yang akan di cek info GTK, yakni dengan menggeser list tersebut hingga pada bagian sebelah paling kanan muncul nama tabel biodata. Kemudian pilih tombol pada bagian bawah nama tabel tersebut.
  • Berikutnya akan muncul daftar biodata PTK yang terpilih pada halaman baru. Pada halaman identitas inilah (tepatnya pada bagian paling bawah biodata) terdapat menu info GTK. Anda cukup mengklik menu tersebut serta akan dibawa pada halaman untuk mengetahui info GTK.


Demikianlah cara mengecek info GTK dengan langkah cepat tanpa harus login SIM PKB dari akun guru satu per satu. Langkah ini tentunya akan mempermudah beban kerja operator sekolah yang mempunyai peranan untuk mengelola data.


Sekedar untuk tambahan informasi, mengetahui validitas data lebih awal akan mengurangi risiko kesalahan yang mungkin terjadi. Mulai dari salah ketik ataupun kesalahan fatal lain yang bisa saja terjadi.


Oleh karena itu, pencocokan data di Info GTK dengan profil GTK sangatlah penting. Tentu juga menjadi langkah awal untuk mengetahui validitas data anda.

12/31/2020

Syarat Pengajuan Beasiswa Santri LPDP 2021

Syarat Pengajuan Beasiswa Santri LPDP 2021

Apa saja Syarat Pengajuan Beasiswa Santri LPDP 2021? Jika melihat dari laman resmi, tentu syarat dan ketentuan yang harus dilengkapi sangatlah sederhana. Bagi anda yang berminat dengan beasiswa ini, maka bisa menyimak rincian berikut hingga tuntas.

Syarat Pengajuan Beasiswa Santri LPDP 2021

Tidak bisa dipungkiri jika memperoleh beasiswa LPDP merupakan impian tiap mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Terlebih lagi LPDP memang menyediakan beasiswa santri terhitung sejak tahun 2018 lalu.


Seperti yang sudah dipaparkan oleh Direktur Utama LPDP, Rionald Silaban, program beasiswa santri LPDP memang sempat terkena dampak COVID-19. Akan tetapi, program tersebut bisa segera kembali diakses oleh para santri pada 2021 mendatang.


Sedangkan pada siaran yang tayang di 164 Channel-Nahdlatul Ulama, Rio juga memberikan penjelasan terkait dengan syarat untuk memperoleh beasiswa santri LPDP 2021. Syarat tersebut tentunya harus dipenuhi oleh para calon penerima beasiswa LPDP.


Yang menjadi poin pertanyaan disini ialah, apa saja syarat yang harus disiapkan untuk bisa mengikuti program beasiswa santri LPDP 2021? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak rincian berikut :


Syarat Beasiswa Santri LPDP 2021

  • Usia Pendaftar beasiswa santri LPDP 2021 = Magister : 42 tahun - Doktoral : 47 tahun
  • IPK minimal pendaftar beasiswa santri LPDP 2021 = Magister : 2,75 skala 4.00 – Doktoral : 3.00 skala 4.00


Syarat bahasa pendaftar beasiswa santri LPDP 2021

  • Magister dalam negeri : TOEFL ITP 400, TOAFL 400, TOEIC 400, iBT 33, IELTS 4,5
  • Magister luar negeri : TOEFL ITP 500, TOAFL 500, TOEIC 630, iBT 61, IELTS 6,0
  • Doktoral dalam negeri : TOEFL ITP 450, TOAFL 450, TOEIC 500, iBT 45, IELTS 5,0
  • Doktoral luar negeri : TOEFL ITP 500, TOAFL 500, TOEIC 630, iBT 61, IELTS 6,0


Membahas lebih lanjut terkait dengan beasiswa santri LPDP, adapula sasaran yang ditarget. Dalam hal ini, sasaran pendaftar beasiswa ialah :

  • Alumni santri mukim dua tahun terakhir
  • Aktif pengembangan pesantren dua tahun terakhir.


Bagi anda yang memang ingin tahu lebih detail terkait dengan ketentuan dan syarat yang lebih lengkap, bisa mengunjungi link https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/in/page/beasiswa-santri.


Tidak sedikit calon penerima beasiswa yang merasa kesulitan saat mendaftar. Salah satu masalah yang sering menjadi sandungan ialah Letter of Acceptance (LOA) dari universitas tujuan.


Dalam hal ini, pendaftar yang memang tanpa sekolah tujuan, akan tetap mempunyai peluang untuk memperoleh beasiswa LPDP. Akan tetapi, dalam rentang waktu 18 bulan, juga harus tetap memperoleh sekolah tujuan untuk melanjutkan pendidikan.


Dengan adanya ketentuan yang dimaksud, maka pendaftar tidak harus ragu untuk segera mendaftar sebagai penerima beasiswa. Yang terpenting ialah, semua syarat sudah terpenuhi sehingga peluang memperoleh dana beasiswa tetap ada.

12/30/2020

Cara Mengecek Bantuan Guru Honorer di info.gtk.kemdikbud.go.id

Cara Mengecek Bantuan Guru Honorer di info.gtk.kemdikbud.go.id

Bagaimana Cara Mengecek Bantuan Guru Honorer di info.gtk.kemdikbud.go.id? Langkah sekaligus beberapa poin yang harus dilakukan sebenarnya bisa di cek langsung pada laman resmi kemdikbud.

Cara Mengecek Bantuan Guru Honorer di info.gtk.kemdikbud.go.id

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, pemerintah menyalurkan bantuan guru honorer dan informasi secara lengkap bisa di cek di info.gtk.kemdikbud.go.id.


Dalam hal ini, guru honorer termasuk dalam bagian dari Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) non PNS yang juga menerima Bantuan Subsidi Upah (BSU).


Menurut yang dijelaskan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud melalui akun Instagramnya, penyaluran BSU akan dilakukan secara bertahap hingga akhir November 2020. Akses informasi bisa anda peroleh dengan langsung melakukan pengecekan di link yang sudah kami sebutkan diatas.


Bagaimana denganbantuan dosen? Nah informasi terkait dengan bantuan dosen, bisa dicek melalui link pddikti.kemdikbud.go.id. Link tersebut akan memberikan informasi mengenai status pencairan, rekening, dan juga bank penyalur BSU Kemdikbud Rp 1,8 juta.


Pertanyaannya, bagaimana cara mengecek bantuan guru honorer di info.gtk.kemdikbud.go.id? Cara dan langkah yang harus anda lakukan diantaranya :

  • Kunjungi atau langsung klik info.gtk.kemdikbud.go.id. Tujuannya ialah untuk autentifikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Guru honorer yang membuka informasi GTK, diharuskan menggunakan akun PTK yang sudah diverifikasi.
  • Langkah kedua jika link sudah terbuka, maka langsung saja logon ke GTK atau bisa pula menggunakan SSO setelah mengklik info.gtk.kemdikbud.go.id. Pada saat anda login, pastikan menggunakan email yang aktif, tidak boleh memasukkan alamat surel orang lain, serta jika anda pengaturan ulang, bisa menghubungi Manajemen Dapodik.
  • Umumnya, bagi anda yang login langsung ke GTK, akan menemui link info.gtk.kemdikbud.go.id/?s=999&pesan= . Untuk mengetahui bantuan guru honorer, bisa memasukkan langsung akun dan password PTK pada Dapodik.
  • Bagi guru yang login dengan SSO, maka akan menemui alamat ptk.datadik.kemdikbud.go.id. Apabila sudah tersambung dengan link tersebut, segera masukkan username dan password untuk mengetahui bantuan guru honorer. Tentu alamat ini bisa diakses setelah mengklik link info.gtk.kemdikbud.go.id.


Bagaimana cara mencairkan bantuan guru honorer? Apa saja syarat yang harus dipersiapkan? Nah setelah dilakukan pengecekan di info.gtk.kemdikbud.go.id serta dinyatakan menerima bantuan guru honorer sebesar Rp 1,8 juta.


Maka PTK non PNS bisa segera mencairkan bantuan tersebut dengan membawa kelengkapan dokumen berupa :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Surat Keputusan Penerima BSU yang bisa diunduh di info GTK dan PDDikti.
  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang diberi materai dan tanda tangan.
  • Proses akhir setelah melakukan pengecekan, maka PTK non PNS penerima bantuan guru honorer bisa datang langsung ke bank penyalur.


Sembari membawa dokumen yang sudah disebutkan (TKP, NPWP,dll), PTK non PNS bisa melakukan aktivasi rekening dan menerima BSU.

12/29/2020

Cakupan Dan Syarat Daftar Beasiswa Fulbright 2021

Cakupan Dan Syarat Daftar Beasiswa Fulbright 2021

Apa saja Cakupan Dan Syarat Daftar Beasiswa Fulbright 2021? Melansir dari laman American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) ada beberapa cakupan dan syarat dokumen yang harus dilengkapi. Apa saja?

Cakupan Dan Syarat Daftar Beasiswa Fulbright 2021

Bisa disebut jika beasiswa fulbright sangat ditunggu-tunggu oleh kalangan mahasiswa. Pasalnya tidak sedikit mahasiswa Indonesia yang ingin merasakan kuliah di Amerika.


Menurut laman AMINEF, beasiswa ini dibuka untuk studi Master (S2) dan PhD (S3). Beasiswa fulbright akan menanggung biaya studi dan tiga tahun masa studi di universita di AS.

 

Perlu diketahui, AMINEF sendiri merupakan lembaga resmi dari Komisi Fulbright yang ditujukan untuk pelajar Indonesia. Nah, bagi anda yang sudah menunggu beasiswa ini, maka segera persiapkan diri untuk mendaftar.


Apa saja cakupan beasiswa Fulbright? Bagi penerima beasiswa, akan memperoleh biaya kuliah penuh selama mengikuti studi di AS. Bahkan juga akan mendapat biaya hidup dan biaya lainnya.


Selain itu, penerima beasiswa juga akan mendapat asuransi kesehatan dan kecelakaan, sekaligus tiket pesawat pulang-pergi.


Syarat Dokumen Yang Harus Dilengkapi :

  • Mengisi formulir beasiswa Fulbright, seperti : Satu halaman tujuan studi, personal statement, biografi dan karya tulis, serta contoh tulisan akademis.
  • Fotokopi sertifikat TOEFL ITP atau IELTS terbaru.
  • Dua surat rekomendasi dari atasan ataupun dosen universitas.
  • Salinan transkrip nilah dan ijazah dalam bahasa asli dan terjemahan bahasa Inggris.
  • Salinan KTP atau paspor
  • Curriculum Vitae.


Syarat Umum Pendaftaran Beasiswa

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Mempunyai jiwa kepemimpinan dengan memperlihatkan pengalaman dalam pelayanan masyarakat.
  • Mempunyai komitmen pada bidang studi yang dipilih.
  • Mahir berbahasa Inggris
  • Mempunyai prestasi akademik yang baik.
  • Mampu berkomitmen menyelesaikan studi pascasarjana serta melakukan penelitian di Amerika.
  • Berkomitmen untuk kembali ke Indonesia pasca menyelesaikan program beasiswa Fulbright.
  • Bersida bekerja selama lima tahun pasca menyelesaikan beasiswa sebelum pensiun.


Syarat Daftar Program S2 dan S3

Beasiswa Fulbright dibuka untuk program Master (S2) dan PhD (S3). Selain syarat umum, terdapat pula syarat tambahan yang perlu anda penuhi.


Syarat Program S2

  • Sudah lulus dan bergelar Sarjana (S1)
  • Mempunyai IPK minimal 3.00 dari sakala 4.00
  • Mempunyai skor TOEFL ITB minimal 550 atau IELTS yang setara.


Syarat Program S3

  • Sudah lulus dan bergelar master (S2)
  • Mempunyai IPK minimal 3.00 dari skala 4.00
  • Mempunyai skor TOEFL ITB 575 atau IELTS yang setara.
  • Berniat untuk kembali atau mengambil posisi akademik pasca menyelesaikan studi.


Penting diketahui, pendaftaran beasiswa Fulbright paling lambat 15 Februari 2021. Apabila anda ingin mendaftar, segera siapkan dokumen persyaratan dan kirim via pos ke :

American Indonesia Exchange Foundation (AMINEF)
Intiland Tower, Lantai 11
Jalan Jenderal Sudirman Kav. 32
Jakarta 10220
Telp : 021 – 579 39 085 ~ 9086


Ingin mengajukan pertanyaan terkait beasiswa Fulbright, bisa kirim email ke : infofulbright_ind@aminef atau bisa mengunjungi laman : https://www.aminef.or.id/grants-for-indonesians/fulbright-programs/scholarship/

Buku Paket

[Buku Paket][recentbylabel2]

Info Sertifikasi

[Info Sertifikasi][recentbylabel2]
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done