81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Panduan Teknis Bimtek Lesson Study Pengembangan Kompetensi Dosen LPTK

Panduan Teknis Bimtek Lesson Study Pengembangan Kompetensi Dosen LPTK ini merupakan artikel pendukung bagi anda yang ingin menjadi peserta dalam program tersebut. Sehingga nantinya anda pun sudah siap menjalankan beberapa langkah agar tidak bingung saat mendaftar.

Panduan Teknis Bimtek Lesson Study Pengembangan Kompetensi Dosen LPTK
Secara dasar, panduan ini sudah disiapkan dan bisa diakses langsung pada laman ristekdikti.go.id. Akan tetapi, terkadang orang masih bingung untuk memahaminya.

Setidaknya ada beberapa poin yang harus diperhatikan pada panduan teknis dan tata tertib Bimtek Lesson Study dalam pengembangan dosen LPTK. Apa saja poin tersebut?

  • Semua peserta diwajibkan untuk mempunyai akun gmail
  • Memastikan bahwa perangkan komputer atau laptop sudah tersambung dengan internet. Sangat tidak disarankan menggunakan tethering dari ponsel.
  • Aplikasi yang akan dipergunakan dalam Bimtek Daring ialah Zoom Cloud Meetings. Sehingga, pastikan di komputer atau laptop anda sudah terpasang aplikasi tersebut. Aplikasi ini bisa anda unduh pada link https://zoom.us/support/download.
  • Kode akses sekaligus password Zom Cloud Meeting akan dikirim melalui email terdaftar pada H-1 pelaksanaan bimtek.
  • Apabila terdapat peserta yang hingga 1 jam sebelum kegiatan belum mendapatkan kode akses dan password, maka dipersilahkan untuk menghubungi nomor kontak yang disediakan.
  • Akses masuk bagi para peserta mulai dibuka sejak 15 menit sebelum acara dimulai. Selanjutnya, lalu lintas peserta akan ditutup setelah 30 menit acara berlangsung.
  • Bagi setiap peserta, disarankan untuk menggunakan fitur virtual background LPTK masing-masing.
  • Sebelum masuk kelas, para peserta diwajibkan melakukan perubahan nama akun dengan format : nama lengkap_instansi, contoh : Azam Ahmad_IAIN Surabaya.
  • Selama proses atau kegiatan berlangsung, para peserta diwajibkan utnuk mengaktifkan kamera video.
  • Para peserta dimohon untuk tidak mengaktifkan fitur mikorofon ketika kegiatan berlangsung. Akan tetapi, peserta diperbolehkan untuk mengaktifkan mikorofon jika ada permohonan unmute dari host / co-host.
  • Saat kegiatan sedang berlangsung hot / co-host akan mengaktifkan fitur recording untuk melakukan evaluasi kegiatan.
  • Para peserta diperbolehkan untuk bertanya pasca moderator membuka sesi pertanyaan.
  • Bagi setiap peserta diwajibkan mengisi Daftar Hadir yang akan dikirim melalui fitur pesan 30 menit sebelum kegiatan berakhir setiap harinya.
  • Moderator mempunyai hak penuh untuk mengatur kelas bimtek.
  • Materi bimtek daring serta penugasannya bisa diunduh / unggah oleh peserta melalui Google Classroom yang sudah dibagikan aksesnya pasca kegiatan Bimtek Daring berakhir.
  • Peserta yang sudah ikut kegiatan Bimtek Daring akan diberikan sertifikat elektronik dan dikirimkan melalui email masing-masing peserta paling lambat H+7 dari kegiatan berakhir.

Siapa saja yang bisa menjadi peserta Bimtek LSLC? Peserta bimtek LSLC ini terdiri dari 60 orang Dosen LPTK yang berasal dari PTN dan PTS dengan kriteria sebagai berikut :

  • Sudah menyandang status sebagai dosen tetap
  • Sudah memilikiNIDN
  • Tidak berasal dari PT yang sudah pernah memperoleh Hibah Lesson Study dari Kemenristek Dikti serta belum pernah mengikuti pelatihan ToT Nasional Lesson Study dan STOLS-ITTEP.
  • Jabatan maksimal dari peserta ialah Lektor
  • Mengisi borang aplikasi (terlampir)
  • Surat Pengantar dari pimpinan perguruan tinggi
  • Bersedia mengikuti seluruh tahapan Bimtek beserta implementasinya yang dikuatan dengan tandatangan surat pernyataan.

Pendaftaran peserta dilakukan secara daring menggunakan NIDN di laman : kompetensi.sumberdaya.kemdikbud.go.id serta mengunggah dokumen persyaratan.

Post a Comment

Post a Comment