Cara Menggunakan Aplikasi Cetak SKL dan SKHU Paling Sederhana

Cara Menggunakan Aplikasi Cetak SKL dan SKHU Paling Sederhana


Mendengar istilah SKHU pastinya sudah tidak asing lagi bagi semua orang yang telah melewati masa pendidikannya. SKHU (Surat Keterangan Hasil Ujian) merupakan surat pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Sekolah, dimana surat tersebut menyatakan bahwa siswa dinyatakan telah lulus dengan memperoleh hasil ujian. Dalam surat keputusan tersebut juga akan diterangkan secara rinci hasil nilai ujian yang sudah dilakukan. 

SKHU sangat penting untuk digunakan ke tahap selanjutnya, seperti halnya SKHU SMP akan digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA. Setelah itu, SKHU juga menjadi syarat penting untuk melamar pekerjaan bila anda sudah siap untuk bekerja di usia yang tepat. Perusahaan akan melihat potensi pembelajaran anda di sekolah dengan melihat hasil ujian yang sudah dilakukan. 

Apabila SKHU belum diluncurkan oleh pihak Sekolah, biasanya para siswa akan mendapatkan SKL terlebih dahulu. SKL tersebut merupakan surat keputusan hasil ujian sementara yang bisa dibuat oleh pihak sekolah selama SKHU belum diterima. Untuk membuat SKL, biasanya sekolah menggunakan aplikasi khusus untuk membuatnya. 

Aplikasi cetak SKHU tersebut telah dilengkap dengan leger dan fasilitas cetak yang secara otomatus yakni cukup dengan memasukan data sekolah dan data siswa. Dengan begitu, SKHU sementara akan dapat dicetak dan bisa segera dibagikan kepada para siswa langsung. 

Perbedaan SKL dan SKHU 


Terdapat perbedaan khusus antara SKL dan SKHU, dimana keduanya memiliki kaitan antara satu sama lain namun berbeda. Beberapa perbedaan pada SKL dan SKHU yang dapat anda ketahui sebagai berikut! 
  • - SKL tanpa nilai, SKHU beserta nilai 
  • - SKL sebagai bukti kelulusan, SKHU menuliskan hasl ujian 
  • - SKL di dalam amplop, SKHU tidak dapat dilipat 

Meski begitu, keduanya memiliki kaitan antara satu sama lain. SKHU juga sangat penting untuk anda simpan karena dapat digunakan untuk persyaratan ke jenjang berikutnya. Bahkan anda bisa menggunakannya untuk melamar ke perguruan tinggi atau melamar pekerjaan. 

SKL menjadi surat kelulusan sementara yang menggantikan SKHU sampai SKHU tersebut benar-benar keluar. 

Cara Menggunakan Aplikasi Cetak SKL dan SKHU 


Sebelum anda menggunakan aplikasi cetak SKL dan SKHU, pastikan anda sudah mendownloadnya terlebih dahulu. Anda bisa mendownloadnya melalui browser dengan cara mengetikan download aplikasi cetak SKL dan SKHU. Anda bisa mendapatkannya dan langsung saja install aplikasi tersebut di komputer. 

Setelah penginstalan dilakukan, anda bisa membuka aplikasi tersebut dan langsung menggunakan untuk mencetak SKL dan SKHU. Pastikan anda memasukan data dengan benar sesuai dengan data siswa yang sudah mengikuti ujian. Dengan begitu, anda bisa mencetak hasil SKL dan SKHU yang sudah dibuat. 

Fungsi SKHU 


Bagi anda yang sudah menempuh pendidikan pastinya akan mendapatkan SKHU dari pihak sekolahan. SKHU tersebut memiliki fungsi di dalamnya yang cukup penting seperti berikut: 

- Untuk mendaftar Sekolah 

Fungsi yang pertama bisa anda dapatkan adalah untuk mendaftar sekolah. Seperti halnya ketika anda masih di jenjang SMP, maka SKHU tersebut dapat digunakan untuk melanjutkan ke jenjang SMA, begitu juga dengan jenjang selanjutnya. 

Nilai ujian sangat penting sebagai syarat utama kelulusan, dimana pihak sekolah akan memberikan persyaratan agar siswa dapat masuk sekolah menyesuaikan standari hasil nilai ujian yang didapatkan. Sangat penting bagi anda untuk mendapatkan nilai yang baik agar bisa bersekolah di tempat terbaik. 

- Untuk Melamar Pekerjaan 

Selain untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya, SKHU juga berfungsi sebagai syarat untuk melamar pekerjaan. Anda pastinya akan bekerja setelah SMA jika tidak ingin melanjutkan kuliah. SKHU ini sangatlah penting untuk persyaratan karena pihak perusahaan akan melihat dari hasil kinerja anda dalam belajar. 

Bisanya perusahaan akan melihat nilai rata-rata dari hasil UN sebagai syarat untuk bisa lolos ke perusahaan tersebut. Bahkan ada perusahaan yang memilih nilai mata pelajaran khusus seperti matematika yang menjadi syarat penting untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. 

SKHU sangat penting untuk banyak hal, anda harus belajar dengan baik dan benar supaya bisa mendapatkan nilai yang baik. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terima kasih.